Resepsi sastra siswa madrasah tsanawiyah Kabupaten Bantul terhadap cerpen remaja pada surat kabar Kedaulatan Rakyat

Mei 28, 2020
Kamis, 28 Mei 2020

Siska Yuniati & Burhan Nurgiyantoro
Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta

ABSTRAK

Resepsi sastra merupakan respons atau tanggapan oleh pembaca dalam bentuk pemberian makna. Resepsi siswa terhadap cerpen remaja dapat memberikan gambaran keberterimaan siswa akan cerpen remaja yang dibacanya. Hal ini menarik karena siswa sebagai remaja jarang dilibatkan dalam memberikan respons terhadap cerpen remaja pada surat kabar. Penelitian ini untuk menjawab pertanyaan penelitian, bagaimana resepsi siswa MTs di Kabupaten Bantul terhadap cerpen remaja pada surat kabar Kedaulatan Rakyat berdasarkan aspek intelektual dan emosional. Responden dalam penelitian ini sebanyak 128 siswa yang berasal dari MTsN 1 Bantul, MTsN 3 Bantul, MTsN 4 Bantul, MTs Al Falah, dan MTs Hasyim Asy’ari. Instrumen pengumpulan data terdiri atas kuesioner resepsi berdasarkan aspek intelektual dan emosional. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, berdasarkan aspek intelektual, resepsi siswa Madrasah Tsanawiyah terhadap cerpen remaja pada surat kabar Kedaulatan Rakyat berkategori tinggi (70.82%), sedang (15.62%), dan rendah (13.58%). Kedua, berdasarkan aspek emosional, resepsi siswa madrasah tsanawiyah terhadap cerpen remaja pada surat kabar Kedaulatan Rakyat berkategori tinggi (38.86%), sedang (20.28%), dan rendah (40.86%). Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Bantul dapat memahami dengan baik unsur-unsur pembangun cerita serta struktur teks cerpen, bahasa, tema, serta konflik dalam cerpen. Siswa juga menerima logika cerita dalam cerpen dengan baik serta merasakan ketegangan dari konflik yang dibangun. Sementara itu, nilai-nilai baru dalam cerpen dan tindakan tokoh utama cukup diterima siswa. Siswa juga cukup berminat untuk membicarakan cerpen lebih lanjut. Akan tetapi, siswa kurang merasakan dampak emosi dalam cerpen.

Kata kunci: cerpen remaja, Kedaulatan Rakyat, resepsi sastra siswa

Thanks for reading Resepsi sastra siswa madrasah tsanawiyah Kabupaten Bantul terhadap cerpen remaja pada surat kabar Kedaulatan Rakyat | Tags:

Next Article
« Prev Post
First

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Resepsi sastra siswa madrasah tsanawiyah Kabupaten Bantul terhadap cerpen remaja pada surat kabar Kedaulatan Rakyat

Posting Komentar